UTS - KEWIRAUSAHAAN
|
STIK BINA HUSADA
|
Kode
|
:
|
FM/BAAK-AAD/05-28
|
|
Jl. Syech Abdul Somad No. 28
Kel. 22 Ilir Palembang
|
Tanggal
|
:
|
14 Juni 2016
|
||
Revisi
|
:
|
Pertama
|
|||
FORMULIR MUTU
|
Halaman
|
:
|
-
|
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
TAHUN AKADEMIK 2019-2020
Kode/Mata Kuliah : PPSKM 10123/
Kewirausahaan
Program Studi : Pascasarjana
Kesehatan Masyarakat
Semester/ SKS : I/ 2 SKS
Waktu : Satu Minggu
Dosen Mata Kuliah : Prof.
Dr. Supli Effendi Rahim, M.Sc
NAMA :
PURNAMA SUSANTI
NIM : 19131011128
JAWABLAH
PERTANYAAN DENGAN RINGKAS TAPI BENAR
1.
Jelaskan prospektif kewirausahaan jika dihubungkan
dengan kondisi Indonesia (15)
Jawab :
Jika dihubungkan Prosfenktif Kewirausahaan dengan kondisi di Indonesia
maka Prosfek Kewira usahaan sangatlah menjanjikan di indonesia. Karena
Indonesia kaya akan ragam Budaya yang pasti banyak peminatnya untuk berwisata
ke Indonesia. Dengan keragaman Budaya dan Tempat Wisata tersebut, dapat
dijadikan peluang bagi rakyak Indonesia khususnya pembisnis / wirausaha untuk
berkiprah didalamnya dengan berdagang. Baik bidang kuliner, hasil alam yang telah di kreasi
sampai jasa pelayanan tour dll
2.
Jelaskan konsep be - do – have dalam kewirausahaan
(15)
Jawab :
Be Do Have adalah suatu
konsep Proses Meraih Kesuksesan yang saya baca dalam buku One Minute
Millionaire (Mark Victor Hansen and Robert G. Allen) untuk mendapatkan apa yang
kita inginkan, khususnya dalam buku tersebut untuk menjadi seorang milyarder
yang tercerahkan, Enlightened Millionaire.
Uniknya konsep ini bukan diawali oleh
kerja (do) menuju milyarder, tetapi diawali oleh menjadi (be). Inilah yang saya
sebut Proses Meraih Kesuksesan.
Konsep ini mengajarkan kita untuk
“menjadi” milyarder terlebih dahulu. Setelah kita menjadi, kita mengerjakan
tindakan apa saja yang diperlukan. Hal ini akan menjadikan tindakan kita lebih
efektif. Tindakan akan sesuai dan serasi dengan apa yang ada dalam pikiran
kita.
Jika kita sudah berpikir bahwa kita
sudah menjadi apa yang kita inginkan maka tindakan akan mengikutinya. Setelah
kita menjadi (be) apa yang kita inginkan, kemudian mengerjakan (do) pekerjaan
yang harus dilakukan, maka kita akan memiliki (have) hasil yang kita lalui.
Ini memang konsep yang kita ambil
dari penulis barat, namun jika masih sesuai dengan ajaran Islam tidak ada
salahnya kita ambil. Ada hikmah lain dari konsep ini, agar bagi kita yang niat
mulia setelah kaya, segera membuktikan mulai saat ini juga.
Bisa-bisa kita lupa dengan niat mulia
kita pada saat kita sudah berhasil. Mudah-mudahan dengan penerapan konsep Be Do
Have, kita tidak lupa dengan niat mulia kita sebab kita sudah melakukannya
sejak dini.
3.
Jelaskan karakteristik kewirausahaan dan ciri-ciri
wirausahawan yang sukses (15)
Jawab :
12 Karakter Wirausahawan yang sukses
yakni :
1.
Pemberani
2.
Percaya Diri
3.
Disiplin
4.
Tanggung Jawab
5.
Rajin
6.
Kreatif
7.
Sportif
8.
Lapang Dada
9.
Jujur
10.
Komunikatif
11.
Mandiri
12.
Rendah hati
Ciri Wirausaha
yang sukses:
1.
Mempunyai Niat
2.
Bersemangan dan sungguh sungguh
3.
Berani Mengambil Resiko
4.
Berfikir Maju
5.
Mudah beradaptasi
6.
Memanfaatkan kesempatan
7.
Mau mendengarkan kritik
8.
Berkomukiasi dengan baik
9.
TEkun dan tidak cepat puas
10.
Memiliki Analisi yang baik
11.
Memahami Proses
12.
Tidak takut gagal
13.
Disiplin
14.
Berinvestasi untuk diri sendiri
15.
Suka menolong
16.
Menyukasi tantangan
4.
Uraikan dan gambarkan suatu perencanaan usaha (20)
Jawab :
Contoh Rencana Bisnis Kuliner BAKSO BAKAR dan SOTO KUDUS
A.
PERSIAPAN
·
Riset Pasar untuk membaca peluang
besar yang akan dijalankan
·
Mencari SDM
·
Menetapkan Lokasi Usaha
·
Mengurus Perizinan jika perlu
·
Mulai melengkapi sarana dan
prasarana yang diperlukan
B.
PEMASARAN
·
Membuat spanduk
·
Membuat Banner
·
Iklan melalui Facebok, Twitwr,
Instagram dan siaran langsung fia Facebook
·
Membuat leaflet untuk disebar
kesegala penjuru
C.
ESTIMASI BIAYA
NO
|
DESKRIPSI
|
BIYA
|
1
|
Desain
Interior
|
Rp.
1.000.000
|
2
|
Perizinan
|
Rp.
1.200.000
|
3
|
Peralatan
|
Rp.
10.000.000
|
4
|
Pemasaran
|
Rp.
1.000.000
|
|
TOTAL
|
Rp.
13.200.000
|
D.
ESTIMASI KERJA 1 BULAN
NO
|
DESKRIPSI
|
BIYA
|
1
|
Gaji
pekerja 2 Orang
|
Rp.
2.000.000
|
2
|
Bahan
Baku
|
Rp.
500.000 x 28 Hari = 14.000.000
|
3
|
Biaya
Operasional
|
Rp.
1.000.000
|
4
|
Pemasaran
|
Rp.
1.000.000
|
|
TOTAL
|
Rp.
18.000.000
|
E.
ESTIMASI PENDAPATAN SEBULAN
NO
|
DESKRIPSI
|
BIYA
|
1
|
Penjualan
Makanan
|
Rp.
28.000.000
|
2
|
Penjualan
Minuman
|
Rp.
14.000.000
|
|
TOTAL
|
Rp42.000.000
|
|
Estimasi Keuntungan
|
Rp. 22.000.000
|
5.
Buat suatu proposal usaha pelayanan kesehatan
dan Non pelayanan kesehatan yang ingin
anda wujudkan segera (20)
Jawab :
a.
CONTOH PROPOSAL USAHA KESEHATAN : KLINIK KESEHATAN AMALAN JARIYAH
Nama
Usaha : KLINIK KESEHATAN AMALAN JARIYAH
Visi:
Melayani
Keluhan masyarakat dari segi kesehatan dengan Lillahitta Allah
Tujuan
utama:
Meningkatkan
derajat kesehatan masyarakat seutuhnya sesuai dengan kemampuan Tenaga Pelaksana
dengan tidak memungut biaya. Serta saling tolong menolong untuk kemaslahatan
dan kesehatan bersama.
Latar Belakang
·
Masih banyaknya masyarakat yang ekonomi rendah
·
Bayaran BPJS mulai meningkat
·
Masih banyak keluhan masyarakat menengah kebawah
tentang birokrasi kesehatan yang susah.
Survey
Pasar :
Adanya keluhan
masyarakat yang mengatakan :
·
Pelayanan dengan menggunakan BPJS tidak maksimal
·
Pelayanan masyarakat menengah kebawah kurang
diperhatikan
·
Adanya anggapan “ Sembuh atau Mati “ tanpa berobat
·
Keluhan masyarakat mengenai birokrasi kesehatan yang
susah.
Perintis
:
Peluang Usaha
ini di rintis oleh para penyumbang dana yang berasal dari warga MTR (
Masyarakat Tanpa Riba ), Pengusaha Sukses yang mau beramal Jariyah serta siapa
saja yang mau mengulurkan tanganya untuk orang banyak.
Lokasi Klinik
ini di dapatkan dari Hibah seorang Hamba Allah. Lokasi Klinik rencananya
bertempat di Talang Jawa Lahat.
Pasokan Dana:
Dana Klinik ini
didapatkan dari tangan tangan yang ihklas membantu sesama, didwali oleh kas
warga MTR dan kemudian berkembang melalui infak-infak, yang di sebar luaskan
melalui media social,
Sistem
Pelayanan :
·
Tenaga
Tenaga Kesehatan di pakai
mulai dari Dokter Spesialis, Dokter Umum, Bidan, Perawat, Analis, dan Tenaga
Kesehatan lain yang mau bergabung dengan suka rela menyumbangkan tenaga,
fikiran dan ilmu yang di dapatnya tanpa mengharapkan imbalan sama sekali.
·
Sistem Kerja
Sistem Kerja adalah On. Call
namun kita menugaskan 5 orang yang stand bay menunggu kelinik yakni : 1 Dokter
umum, 2 Bidan dan 2 Perawat
·
Jenis Pelayanan yang diberikan
Pelayanan yang diberikan
yakni :
o
Pengobatan Gratis
o
Pelyanan ANC
o
Pelayanan Persalinan Nomal
o
Pelayanan Nifas
o
Imunisasi
o
Sunatan Gratis
o
Therapy
o
Pelayanan TOGA
Untuk Penyakit yang serius dan memerlukan tindakan khusus, maka kita
bekerja sama dengan dokter spesialis bagaimana tindakan selanjutnya.
Kendala
:
Bagi Patien dengan Penyakit khusus, maka KLINIK ini tidak dapat lebih
banyak membantu, karena mengingat KLINIK ini belum tersentuh langsung dengan
bantuan Dana Kabupaten. KLINIK hanya bisa membantu sampai perujukan ke Tingkat
yang lebih tinggi, selanjutnya untuk pelayanan ke tingkat yang lebih tinggi
KLINIK belum bisa menopang Dana nya. Oleh jarena itu perlu bantuan dari Pihak
swasta untuk dapat membantu kemajuan KLINIK ini, agar banyak masyarakat yang
dapat tertolong.
Kesimpulan
KLINIK ini sangatlah
bermanfaat bagi banyak orang, Petugas di sinipun tidak sama sekali mengharapkan
imbalan, sehingga KLINIK ini sangatalah familiar terhadap masyarakat. Sekarang
kita tinggal menunggu Uluran tangan tangan yang mampu dan mau dengan ihklas majunya
KLINIK KESEHATAN AMALAN JARIYAH. Amin Ya
Robbal Aalamin.
b. CONTOH PROPOSAL USAHA NON KESEHATAN : WARUNG
SING-KONG KULINER
Nama
Usaha : Warung Sing-Kong Kuliner
Visi:
Menjadikan
singkong sebagai makanan pokok yang populer dan dikemas menarik di
kalangan
masyarakat
Tujuan
utama:
Mensosialisasikan
produk makanan berbahan dasar singkong kepada masyarakat Indonesia
dalam bentuk yang menarik, serta membantu para petani singkong untuk memasarkan
singkong di Indonesia
Latar Belakang
·
Konsumen singkong “sepi peminat” (Menteri LH,
2014)
·
Banyak masyarakat tidak mengetahui bahwa
singkong sangat baik dijadikan sebagai makanan
pokok pengganti beras
·
Banyak petani singkong yang belum maksimal
memasarkan singkong hasil panennya (Kompasiana,2013)
Survey
Pasar
Analisis calon
pembeli: Warung Sing-Kong Kuliner dibuat dengan segmentasi seluruh lapisan
masyarakat dari anak-anak (di atas 5 tahun) hingga orang dewasa. Cocok sebagai
kedai bagi keluarga
Kebutuhan masyarakat yang
terpenuhi: Kebutuhan makanan akan sumber karbohidrat (makanan pokok
alternatif). Selain hidangan nasi dan lauk, singkong dapat disajikan dengan
lauk dan dapat menggantikan kebutuhan makanan berat. Selain itu, kebutuhan akan
camilan juga dapat dipenuhi dengan komposisi singkong sebagai dessert.
Peluang
Bisnis
Peluang Produk Warung
Sing-Kong Kuliner: Ketertarikan pada sarana pra sarana kedai dan produk yang
bercita rasa pemenuhan dessert dan makanan berat berbasis singkong.
Lokasi Warung Sing-Kong
Kuliner: Pusat kota Lahat, alasan: strategis, masyarakat Lahat cinta kuliner
yang unik.
Tren masyarakat hari ini:
·
Berfoto diri “Selfie”
·
Tren untuk mengunggah foto di media sosial
·
Tren untuk menginformasikan aktivitas pribadi
di media sosial
·
Tren untuk menginformasikan “lokasi saat ini”
di media sosial
Perubahan
Gaya hidup
·
Masyarakat cenderung makan di luar rumah
·
Masyarakat cenderung mencari hal
praktis/cepat saji
·
Masyarakat semakin memerhatikan gizi setiap
makanan:pola hidup sehat
Rumusan Masalah
·
Mencari sumber lahanp roduksi
singkong
·
Distribusi bahan baku ke
tempat pembuatan Singkong
·
Sistem produksi bahan baku
singkong pada lahan mandiri
·
Lokasi warung di
tengah kota sehingga jarak distribusi
bahan baku dari lahan produksi terbilang
jauh
Solusi Permasalahan
·
Bekerja sama dengan petani singkong untuk produksi
bahan baku singkong
·
Pengembangan dilakukan dengan menambah lahan
milik sendiri: mempekerjakan orang baru untuk bekerja (membuka lapangan
pekerjaan)
·
Menyiapkan distributor yang optimal
Deskripsi
Bisnis
Warung Sing-Kong Kuliner
merupakan sebuah Warung yang bergerak di bidang makanan berbahan
dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam. Produk Singkong
dibuat
bermacam-macam.
Cita rasa manis diwakilkan
oleh Singkong Sweet Yaitu singkong yang diberi saus bermacam
rasa: vanilla, coklat, green tea, keju, tiramisu, taro, dan juga saus buah.
Cita rasa asin diwakilkan oleh Singkong Sin,
yaitu produk singkong rebus yang diberi bumbu cita rasa khas Indonesia seperti
bumbu rendang, opor, dan gulai.
Dengan adanya produk-produk
tersebut, diharapkan nilai jual singkong meningkat, seiring kebermanfaatannya
menjadi bahan makanan pokok alternatif selain nasi.
Produk
Singkong Sweet : Vanilla,
Oreo, Green tea, Coklat, Tiramisu, Cappucino, Red velvet, Taro, Aneka rasa
buah, Es krim, Yogurt, Keju
Singkong Sin: Saus
padang Saus bolognese, Saus tiram, Saus asam manis, Cabe hijau, Rasa rendang,
Rasa opor, Rasa kari ayam, Rasa baso, Rasa soto
Keunikan
Warung Sing-Kong Kuliner
Warung ini
menyediakan tempat nyaman bagi pengunjungnya. Baik anak anak maupun dewasa
serta orang tua. Mengapa, karena warung ini menyediakan tempat bermain anak,
karaoke keluarga, serta urut refleksi bagi dewasa dan orang tua. Warung ini
juga menggunakan Ikan ikan therapy untuk memberikan rasa kesehatan yang alami
bagi pengunjungnya.
Sembari menunggu
sajian Singkong tadi, maka pengunjung disajikan dengan pemandangan alam yang
indah menghadap kearah bukit jempol, sehingga pengunjung tidak jenuh menunggu
penyaji saat menyiapkan singkong lhasnya.
Desain Kedai Kedai: dibuat
dengan nuansa alam, dimana banyak tanaman singkong baik reflika
maupun singkong asli yang di buat semenarik mungkin, sehingga suasana warung
asri dan menarik.
Jasa Event Organizer:
Pembeli yang berulang tahun di hari datang ke warung,
mendapat hidangan gratis dan surprise dari para karyawan di kedai. Syarat:
melampirkan fotocopy KTP.
Kesimpulan
Bisnis makanan dari bahan
baku singkong diprediksikan dapat memeroleh keuntungan
Masyarakat semakin
termotivasi untuk mencari makanan lain selain nasi sebagai makanan pokok sumber
karbohidrat
Warung Sing-Kong Kuliner
dapat menjawab julukan “Harga kaki lima, fasilitas bintang lima” melalui
rancangan produksi produk dan desain warung.
6.
Temukan seorang wirausahawan bidang Yankes atau
non-Yankes yang anda berminat padanya. Dapatkan
langklah-langkah bisnisnya yang ingin anda adopsi (15)
LANGKAH-LANGKAH BISNIS YANG
AKAN SAYA ADOPSI PADA WIRAUSAHAWAN
WISATA YAITU :
o
Merencanakan Tempat Wisata yang bernuansa
Alam Seperti The Great Asia Afrika di Lembang.
o
Merencanakan Keuangan
o
Merencanakan SDM
o
Merencanakan Konsep Wisata Alam yang
menyerupai di Lembang dan berbeda di Kota Lahat
o
Menyebarkan penawaran melalui Leaflet dan
Media informasi
o
Menyiapkan segala sesuatunya untuk segera membuka
Usaha Wisata tersebut.
o
Demikian Langkah langkah bisnis yang saya
adopsi.
Komentar
Posting Komentar