UTS - KEWIRAUSAHAAN


STIK BINA HUSADA
Kode
:
FM/BAAK-AAD/05-28
Jl. Syech Abdul Somad No. 28
Kel. 22 Ilir Palembang
Tanggal
:
14 Juni 2016
Revisi
:
Pertama
FORMULIR MUTU
Halaman
:
-


UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
TAHUN AKADEMIK 2019-2020

Kode/Mata Kuliah    : PPSKM 10123/ Kewirausahaan
Program Studi           : Pascasarjana Kesehatan Masyarakat
Semester/ SKS           : I/ 2 SKS
Waktu                                    : Satu Minggu
Dosen Mata Kuliah   : Prof. Dr. Supli Effendi Rahim, M.Sc

NAMA :  PURNAMA SUSANTI
NIM : 19131011128


JAWABLAH PERTANYAAN DENGAN RINGKAS TAPI BENAR


1.      Jelaskan prospektif kewirausahaan jika dihubungkan dengan kondisi Indonesia  (15)
Jawab :
Jika dihubungkan Prosfenktif Kewirausahaan dengan kondisi di Indonesia maka Prosfek Kewira usahaan sangatlah menjanjikan di indonesia. Karena Indonesia kaya akan ragam Budaya yang pasti banyak peminatnya untuk berwisata ke Indonesia. Dengan keragaman Budaya dan Tempat Wisata tersebut, dapat dijadikan peluang bagi rakyak Indonesia khususnya pembisnis / wirausaha untuk berkiprah didalamnya dengan berdagang. Baik bidang  kuliner, hasil alam yang telah di kreasi sampai jasa pelayanan tour dll

2.      Jelaskan konsep be - do – have dalam kewirausahaan (15)
Jawab :
Be Do Have adalah suatu konsep Proses Meraih Kesuksesan yang saya baca dalam buku One Minute Millionaire (Mark Victor Hansen and Robert G. Allen) untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, khususnya dalam buku tersebut untuk menjadi seorang milyarder yang tercerahkan, Enlightened Millionaire.
Uniknya konsep ini bukan diawali oleh kerja (do) menuju milyarder, tetapi diawali oleh menjadi (be). Inilah yang saya sebut Proses Meraih Kesuksesan.
Konsep ini mengajarkan kita untuk “menjadi” milyarder terlebih dahulu. Setelah kita menjadi, kita mengerjakan tindakan apa saja yang diperlukan. Hal ini akan menjadikan tindakan kita lebih efektif. Tindakan akan sesuai dan serasi dengan apa yang ada dalam pikiran kita.
Jika kita sudah berpikir bahwa kita sudah menjadi apa yang kita inginkan maka tindakan akan mengikutinya. Setelah kita menjadi (be) apa yang kita inginkan, kemudian mengerjakan (do) pekerjaan yang harus dilakukan, maka kita akan memiliki (have) hasil yang kita lalui.
Ini memang konsep yang kita ambil dari penulis barat, namun jika masih sesuai dengan ajaran Islam tidak ada salahnya kita ambil. Ada hikmah lain dari konsep ini, agar bagi kita yang niat mulia setelah kaya, segera membuktikan mulai saat ini juga.
Bisa-bisa kita lupa dengan niat mulia kita pada saat kita sudah berhasil. Mudah-mudahan dengan penerapan konsep Be Do Have, kita tidak lupa dengan niat mulia kita sebab kita sudah melakukannya sejak dini.

3.      Jelaskan karakteristik kewirausahaan dan ciri-ciri wirausahawan yang sukses (15)
Jawab :

12 Karakter Wirausahawan yang sukses yakni :

1.                  Pemberani
2.                  Percaya Diri
3.                  Disiplin
4.                  Tanggung Jawab
5.                  Rajin
6.                  Kreatif
7.                  Sportif
8.                  Lapang Dada
9.                  Jujur
10.              Komunikatif
11.              Mandiri
12.              Rendah hati

Ciri Wirausaha yang sukses:

1.                  Mempunyai Niat
2.                  Bersemangan dan sungguh sungguh
3.                  Berani Mengambil Resiko
4.                  Berfikir Maju
5.                  Mudah beradaptasi
6.                  Memanfaatkan kesempatan
7.                  Mau mendengarkan kritik
8.                  Berkomukiasi dengan baik
9.                  TEkun dan tidak cepat puas
10.              Memiliki Analisi yang baik
11.              Memahami Proses
12.              Tidak takut gagal
13.              Disiplin
14.              Berinvestasi untuk diri sendiri
15.              Suka menolong
16.              Menyukasi tantangan


4.                  Uraikan dan gambarkan suatu perencanaan usaha (20)

Jawab :
Contoh Rencana Bisnis Kuliner BAKSO BAKAR dan SOTO KUDUS

A.                 PERSIAPAN

·                     Riset Pasar untuk membaca peluang besar yang akan dijalankan
·                     Mencari SDM
·                     Menetapkan Lokasi Usaha
·                     Mengurus Perizinan jika perlu
·                     Mulai melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan

B.                 PEMASARAN

·                     Membuat spanduk
·                     Membuat Banner
·                     Iklan melalui Facebok, Twitwr, Instagram dan siaran langsung fia Facebook
·                     Membuat leaflet untuk disebar kesegala penjuru







C.                 ESTIMASI BIAYA

NO
DESKRIPSI
BIYA
1
Desain Interior
Rp. 1.000.000
2
Perizinan
Rp. 1.200.000
3
Peralatan
Rp. 10.000.000
4
Pemasaran
Rp. 1.000.000

TOTAL
Rp. 13.200.000

D.                 ESTIMASI KERJA 1 BULAN

NO
DESKRIPSI
BIYA
1
Gaji pekerja 2 Orang
Rp. 2.000.000
2
Bahan Baku
Rp. 500.000 x 28 Hari = 14.000.000
3
Biaya Operasional
Rp. 1.000.000
4
Pemasaran
Rp. 1.000.000

TOTAL
Rp. 18.000.000

E.                 ESTIMASI PENDAPATAN SEBULAN

NO
DESKRIPSI
BIYA
1
Penjualan Makanan
Rp. 28.000.000
2
Penjualan Minuman
Rp. 14.000.000

TOTAL
Rp42.000.000

Estimasi Keuntungan
Rp. 22.000.000


5.                  Buat suatu proposal usaha pelayanan kesehatan dan  Non pelayanan kesehatan yang ingin anda wujudkan segera  (20)

Jawab :


a.                  CONTOH  PROPOSAL USAHA KESEHATAN : KLINIK KESEHATAN AMALAN JARIYAH
Nama Usaha : KLINIK KESEHATAN AMALAN JARIYAH
Visi:
Melayani Keluhan masyarakat dari segi kesehatan dengan Lillahitta Allah
Tujuan utama:
Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat seutuhnya sesuai dengan kemampuan Tenaga Pelaksana dengan tidak memungut biaya. Serta saling tolong menolong untuk kemaslahatan dan kesehatan bersama.
Latar Belakang
·                     Masih banyaknya masyarakat yang ekonomi rendah
·                     Bayaran BPJS mulai meningkat
·                     Masih banyak keluhan masyarakat menengah kebawah tentang birokrasi kesehatan yang susah.

Survey Pasar :
Adanya keluhan masyarakat yang mengatakan :
·         Pelayanan dengan menggunakan BPJS tidak maksimal
·         Pelayanan masyarakat menengah kebawah kurang diperhatikan
·         Adanya anggapan “ Sembuh atau Mati “ tanpa berobat
·         Keluhan masyarakat mengenai birokrasi kesehatan yang susah.
Perintis :
Peluang Usaha ini di rintis oleh para penyumbang dana yang berasal dari warga MTR                                            ( Masyarakat Tanpa Riba ), Pengusaha Sukses yang mau beramal Jariyah serta siapa saja yang mau mengulurkan tanganya untuk orang banyak.
Lokasi Klinik ini di dapatkan dari Hibah seorang Hamba Allah. Lokasi Klinik rencananya bertempat di Talang Jawa Lahat.


Pasokan Dana:
Dana Klinik ini didapatkan dari tangan tangan yang ihklas membantu sesama, didwali oleh kas warga MTR dan kemudian berkembang melalui infak-infak, yang di sebar luaskan melalui media social,
Sistem Pelayanan :
·         Tenaga
Tenaga Kesehatan di pakai mulai dari Dokter Spesialis, Dokter Umum, Bidan, Perawat, Analis, dan Tenaga Kesehatan lain yang mau bergabung dengan suka rela menyumbangkan tenaga, fikiran dan ilmu yang di dapatnya tanpa mengharapkan imbalan sama sekali.
·         Sistem Kerja
Sistem Kerja adalah On. Call namun kita menugaskan 5 orang yang stand bay menunggu kelinik yakni : 1 Dokter umum, 2 Bidan dan 2 Perawat

·         Jenis Pelayanan yang diberikan
Pelayanan yang diberikan yakni :
o   Pengobatan Gratis
o   Pelyanan ANC
o   Pelayanan Persalinan Nomal
o   Pelayanan Nifas
o   Imunisasi
o   Sunatan Gratis
o   Therapy
o   Pelayanan TOGA
Untuk Penyakit yang serius dan memerlukan tindakan khusus, maka kita bekerja sama dengan dokter spesialis bagaimana tindakan selanjutnya.
Kendala :
Bagi Patien dengan Penyakit khusus, maka KLINIK ini tidak dapat lebih banyak membantu, karena mengingat KLINIK ini belum tersentuh langsung dengan bantuan Dana Kabupaten. KLINIK hanya bisa membantu sampai perujukan ke Tingkat yang lebih tinggi, selanjutnya untuk pelayanan ke tingkat yang lebih tinggi KLINIK belum bisa menopang Dana nya. Oleh jarena itu perlu bantuan dari Pihak swasta untuk dapat membantu kemajuan KLINIK ini, agar banyak masyarakat yang dapat tertolong.

Kesimpulan
KLINIK ini sangatlah bermanfaat bagi banyak orang, Petugas di sinipun tidak sama sekali mengharapkan imbalan, sehingga KLINIK ini sangatalah familiar terhadap masyarakat. Sekarang kita tinggal menunggu Uluran tangan tangan yang mampu dan mau dengan ihklas majunya KLINIK KESEHATAN AMALAN JARIYAH. Amin Ya Robbal Aalamin.

b.         CONTOH  PROPOSAL USAHA NON KESEHATAN : WARUNG SING-KONG KULINER
Nama Usaha : Warung Sing-Kong Kuliner
Visi:
Menjadikan singkong sebagai makanan pokok yang populer dan dikemas menarik di kalangan masyarakat
Tujuan utama:
Mensosialisasikan produk makanan berbahan dasar singkong kepada masyarakat Indonesia dalam bentuk yang menarik, serta membantu para petani singkong untuk memasarkan singkong di Indonesia
Latar Belakang
·                     Konsumen singkong “sepi peminat” (Menteri LH, 2014)
·                     Banyak masyarakat tidak mengetahui bahwa singkong sangat baik dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras
·                     Banyak petani singkong yang belum maksimal memasarkan singkong hasil panennya (Kompasiana,2013)
Survey Pasar
Analisis calon pembeli: Warung Sing-Kong Kuliner dibuat dengan segmentasi seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak (di atas 5 tahun) hingga orang dewasa. Cocok sebagai kedai bagi keluarga
Kebutuhan masyarakat yang terpenuhi: Kebutuhan makanan akan sumber karbohidrat (makanan pokok alternatif). Selain hidangan nasi dan lauk, singkong dapat disajikan dengan lauk dan dapat menggantikan kebutuhan makanan berat. Selain itu, kebutuhan akan camilan juga dapat dipenuhi dengan komposisi singkong sebagai dessert.

Peluang Bisnis
Peluang Produk Warung Sing-Kong Kuliner: Ketertarikan pada sarana pra sarana kedai dan produk yang bercita rasa pemenuhan dessert dan makanan berat berbasis singkong.
Lokasi Warung Sing-Kong Kuliner: Pusat kota Lahat, alasan: strategis, masyarakat Lahat cinta kuliner yang unik.
Tren masyarakat hari ini:
·                     Berfoto diri “Selfie”
·                     Tren untuk mengunggah foto di media sosial
·                     Tren untuk menginformasikan aktivitas pribadi di media sosial
·                     Tren untuk menginformasikan “lokasi saat ini” di media sosial

Perubahan Gaya hidup
·                     Masyarakat cenderung makan di luar rumah
·                     Masyarakat cenderung mencari hal praktis/cepat saji
·                     Masyarakat semakin memerhatikan gizi setiap makanan:pola hidup sehat

Rumusan Masalah
·                     Mencari sumber lahanp roduksi singkong
·                     Distribusi bahan baku ke tempat pembuatan Singkong
·                     Sistem produksi bahan baku singkong pada lahan mandiri
·                     Lokasi warung di tengah kota sehingga jarak distribusi bahan baku dari lahan produksi terbilang jauh

Solusi Permasalahan
·                     Bekerja sama dengan petani singkong untuk produksi bahan baku singkong
·                     Pengembangan dilakukan dengan menambah lahan milik sendiri: mempekerjakan orang baru untuk bekerja (membuka lapangan pekerjaan)
·                     Menyiapkan distributor yang optimal

Deskripsi Bisnis
Warung Sing-Kong Kuliner merupakan sebuah Warung yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam. Produk Singkong dibuat bermacam-macam.
Cita rasa manis diwakilkan oleh Singkong Sweet Yaitu singkong yang diberi saus bermacam rasa: vanilla, coklat, green tea, keju, tiramisu, taro, dan juga saus buah. Cita rasa asin diwakilkan oleh Singkong Sin, yaitu produk singkong rebus yang diberi bumbu cita rasa khas Indonesia seperti bumbu rendang, opor, dan gulai.
Dengan adanya produk-produk tersebut, diharapkan nilai jual singkong meningkat, seiring kebermanfaatannya menjadi bahan makanan pokok alternatif selain nasi.
Produk
Singkong Sweet : Vanilla, Oreo, Green tea, Coklat, Tiramisu, Cappucino, Red velvet, Taro, Aneka rasa buah, Es krim, Yogurt, Keju
Singkong Sin: Saus padang Saus bolognese, Saus tiram, Saus asam manis, Cabe hijau, Rasa rendang, Rasa opor, Rasa kari ayam, Rasa baso, Rasa soto
Keunikan Warung Sing-Kong Kuliner
Warung ini menyediakan tempat nyaman bagi pengunjungnya. Baik anak anak maupun dewasa serta orang tua. Mengapa, karena warung ini menyediakan tempat bermain anak, karaoke keluarga, serta urut refleksi bagi dewasa dan orang tua. Warung ini juga menggunakan Ikan ikan therapy untuk memberikan rasa kesehatan yang alami bagi pengunjungnya.
Sembari menunggu sajian Singkong tadi, maka pengunjung disajikan dengan pemandangan alam yang indah menghadap kearah bukit jempol, sehingga pengunjung tidak jenuh menunggu penyaji saat menyiapkan singkong lhasnya.
Desain Kedai Kedai: dibuat dengan nuansa alam, dimana banyak tanaman singkong baik reflika maupun singkong asli yang di buat semenarik mungkin, sehingga suasana warung asri dan menarik.
Jasa Event Organizer: Pembeli yang berulang tahun di hari datang ke warung, mendapat hidangan gratis dan surprise dari para karyawan di kedai. Syarat: melampirkan fotocopy KTP.
Kesimpulan
Bisnis makanan dari bahan baku singkong diprediksikan dapat memeroleh keuntungan
Masyarakat semakin termotivasi untuk mencari makanan lain selain nasi sebagai makanan pokok sumber karbohidrat
Warung Sing-Kong Kuliner dapat menjawab julukan “Harga kaki lima, fasilitas bintang lima” melalui rancangan produksi produk dan desain warung.
6.                  Temukan seorang wirausahawan bidang Yankes atau non-Yankes yang anda berminat padanya. Dapatkan  langklah-langkah bisnisnya yang ingin anda adopsi (15)


LANGKAH-LANGKAH BISNIS YANG AKAN SAYA ADOPSI  PADA WIRAUSAHAWAN WISATA YAITU :

o        Merencanakan Tempat Wisata yang bernuansa Alam Seperti The Great Asia Afrika di Lembang.
o        Merencanakan Keuangan
o        Merencanakan SDM
o        Merencanakan Konsep Wisata Alam yang menyerupai di Lembang dan berbeda di Kota Lahat
o        Menyebarkan penawaran melalui Leaflet dan Media informasi
o        Menyiapkan segala sesuatunya untuk segera membuka Usaha Wisata tersebut.
o        Demikian Langkah langkah bisnis yang saya adopsi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KELOMPOK KEWIRAUSAHAAN-ANALISIS STRATEGIS PELUANG USAHA

Materi AMDAL

DOKUMENTASI SEMINAR PENCEMARAN UDARA